Thursday, January 3, 2019

8 Hal Yang Bisa Kamu Dapat Kalau Punya Teman Yang Lebih Tua

Teman menjadi di antara orang sangat dekat di hidup kita. Biasanya anda berteman dengan orang yang satu kelas, atau sangat tidak mempunyai usia yang sama dengan kita. Karena orang yang punya umur sama, ingin mempunyai dunia yang sama sampai-sampai akan lebih gampang untuk mengejar topik obrolan dan kesudahannya berteman. 

Namun yang namanya berteman dapat dengan siapa saja kan? Bukan melulu berteman dengan mereka yang seumuran tapi pun tidak menutup bisa jadi kita dapat berteman dengan orang-orang yang mempunyai usia jauh lebih tua. Kenapa begitu? Berikut ini delapan dalil kenapa anda harus berteman dengan orang yang lebih tua!


1. Kamu dapat belajar tidak sedikit dari mereka

Anak muda tidak jarang kali merasa mereka tahu segalanya. Tapi ketika anda bertemu dengan teman-teman yang lebih tua, anda akan sadar bahwa anda salah. Karena bagaimana juga teman-teman anda hidup lebih lama darimu, walau tidak seluruh namun banyak sekali dari mereka merasakan lebih tidak sedikit hal, lebih tidak sedikit pelajaran yang otomatis dapat membuat anda belajar lebih tidak sedikit dari mereka. 

2. Mereka menyerahkan rasa aman

Berteman dengan orang yang lebih muda, mereka bakal bergantung padamu. Namun berteman dengan orang yang lebih tua akan menyerahkan rasa aman, sebab kamu dapat bergantung pada mereka atau minimal kalian dapat saling menolong dan bertukar fikiran saat sedang terdapat masalah. 

3. Bukan hanya pendengar yang baik, mereka pun penasihat yang baik

Teman-teman yang seumuran bakal mendengarkan kisah kamu, namun jarang sekali yang dapat memberikan nasihat yang bijaksana. Tapi mereka yang berusia lebih tua, bukan hanya dapat menjadi pendengar yang baik tapi pun seorang penasihat. Asyiknya, nasihat mereka nyaris selalu bagus, sebab mereka menyerahkan nasihat menurut empiris dan bukan sebab sok tahu. 

4. Tidak terdapat drama salah satu kalian

Pertemanan remaja sangat bertolak belakang dengan pertemanan ketika dewasa. Perbedaannya merupakan, tidak terdapat drama salah satu kalian. Berteman dengan orang yang lebih muda, kamu nyaris selalu dihadapkan dengan drama bahkan guna hal-hal sepele sekalipun.

Para remaja akan tidak jarang kali menuntut anda untuk selalu menguras waktu dengan mereka. Sebentar saja menjauh, hubungan kalian bakal selesai. Tapi orang dewasa memahami bahwa masing-masing orang punya kegiatan masing-masing.

Tidak peduli berapa lama kalian tidak bertemu, sekitar tidak terdapat masalah satu sama lain, anda akan tetap jadi temannya. Kamu dapat saja tidak bertemu dia sekitar dua tahun lebih, tapi saat bertemu kalian tetap dapat mempunyai obrolan yang menyenangkan. 

5. Kamu tidak butuh melakukan kekeliruan yang sama

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, teman-teman yang lebih tua, hidup lebih lama, merasakan lebih tidak sedikit hal dan mungkin pun pernah melakukan tidak sedikit kesalahan atau masalah yang belum pernah anda temui sebelumnya, namun di sisi beda mereka pun belajar tidak sedikit dari kekeliruan itu. Dan sebagai rekan yang baik, mereka bakal dengan senang hati menuntun kamu supaya tidak melakukan kekeliruan yang sama dengan yang pernah mereka mereka.

6. Teman yang lebih tua ingin bersikap adil

Kalian memang berteman, tapi melulu karena kalian berteman tidak berarti dia akan tidak jarang kali membela kamu. Teman yang lebih tua dan dewasa bakal bersikap jujur dan adil.

Mereka bakal bilang benar andai memang anda benar, dan bilang salah bila kamu memang salah. Mereka tidak bakal pernah menutupi kesalahanmu, tapi pun tidak bakal membiarkan anda terjerumus dalam kesalahanmu sendiri.

Sebaliknya, sesudah memberitahu di mana letak kekeliruan yang anda lakukan, mereka pun akan membantu anda membereskan kekacauan apa juga yang sudah anda ciptakan. 

7. Berkumpul dengan mereka, inginkan tidak inginkan kamu pun akan ikut terbawa dewasa

iapa dirimu tergantung pada siapa teman-temanmu. Seperti kata pepatah, berteman dengan tukang minyak bakal membuat anda bau minyak. Sedangkan berteman dengan tukang minyak wangi, bakal membuat anda ikutan wangi.

Hal yang sama pun berlaku saat anda berteman dengan orang yang lebih tua. Meski dalam grup mereka kamu ialah anak bawang, namun berkumpul dengan orang tua dan dewasa pun mau tidak mau bakal membuat anda jadi lebih cepat dewasa dari seharusnya bahkan tanpa anda sadari. 

8. Berteman dengan mereka, membuat anda lebih gampang menyesuaikan diri

Terbiasa bergaul dengan orang yang lebih tua, anda akan belajar teknik menyesuaikan diri. Kamu jadi tahu bagaimana bersikap dan menanam dirimu di depan mereka. Dan tersebut akan bermanfaat ketika anda bekerja nanti. Karena beberapa besar pegawai di perusahaan ialah orang yang umurnya lebih tua bukannya mereka yang lebih muda.

No comments:

Post a Comment