Friday, October 19, 2018

Tips Aman Naik Kendaraan Umum Bagi Wanita

Kejahatan dapat terjadi di mana-mana. Salah satunya di transportasi publik. Jika anda lihat perkabaran di televisi, tidak tidak banyak penumpang transportasi publik yang menjadi korban kejahatan, entah tersebut kasus pelecehan, pencurian, hipnotis dan lainnya.

Untuk anda kaum hawa, sebetulnya kamu dapat menghindari potensi durjana di luar sana. Caranya mulai dari diri sendiri. Sikap awas dan waspada mesti menjadi modal anda selama memakai transportasi publik laksana kereta api, MRT, sampai kendaraan online. Biar tetap aman, sebagai berikut 8 urusan yang butuh perempuan kerjakan untuk mengawal diri ketika naik kendaraan umum.


1. Jangan berlebihan menggunakan aksesoris

Memakai aksesoris berlebihan dapat mengundang niat jahat orang beda kepadamu. Orang yang awalnya tidak berniat jahat, tiba-tiba tergiur dengan kalung atau gelang tangan yang anda pakai, lagipula kalau aksesoris tersebut terbuat dari emas dan bernilai tinggi. Ini pasti menjadi daya tarik untuk orang yang berniat jahat. Bagi itu, lebih baik gunakan aksesoris sekenanya saja saat anda menaiki angkutan umum, seperti menggunakan jam tangan.

2. Pakai pakaian yang sopan

Dengan berpakaian sopan bakal memperkecil potensi gangguan dari orang beda yang ingin melakukan jahat padamu. Pakailah pakaian yang tertutup, rapi pun sopan. Padu padankan dengan warna pakaian yang tidak mencolok. Dengan begitu, kamu dapat lebih aman guna menempuh perjalanan dengan transportasi umum.

Kadang kala terjadi di dekat kamu orang-orang yang merasakan pelecehan lantaran berpakaian terbuka. Untuk tersebut gak terdapat salahnya untuk menggunakan pakaian yang lebih sopan, anda jadi lebih mawas diri guna menghindari sekian banyak  potensi durjana di luar sana.

3. Jangan main ponsel sembarangan

Ini pun termasuk poin urgen yang mesti anda lakukan. Bermain ponsel di ruang publik pasti berisiko. Ponselmu dapat saja dipungut secara tiba-tiba oleh orang tak dikenal dan kabur begitu saja di tengah kerumunan orang. Banyak permasalahan terjadi di Jakarta laksana kehilangan ponsel ketika di dalam Transjakarta, atau di kopaja. Bagi itu, penting menyimak sekitar sebelum anda memainkan ponsel.

Sebagai contoh, Jangan pakai ponsel paling di tengah mengularnya antrian penumpang kereta api. Gunakan ponselmu saat memang telah urgen sekali, seperti membalas telepon urgen dari orang tua atau teman kerja. Selebihnya, tahan dulu kemauan untuk memakai ponsel guna sekedar memeriksa notifikasi sampai anda tiba di lokasi yang lumayan aman, laksana di dalam gerbong kereta dan anda sudah dalam posisi duduk di kursi kereta api.

4. Letakkan tas bawaanmu di unsur depan, biar aman

Jagalah tas yang anda bawa dengan hati-hati. Untuk mengurangi resiko, lebih baik letakkan tasmu di unsur depan badanmu, jadi anda mudah memantau tasmu sendiri. Sebab, sering kali orang terbius barangnya kecurian saat menggunakan tas di punggungnya.

Ketika telah tiba di tujuan, anda baru sadar unsur sisi kanan tasmu telah sobek dampak digunting oleh oknum yang hendak menggasak tasmu. Barang barang bawaanmu juga jadi hilang. Jangan sampai urusan ini terjadi ya.

Gak terdapat salahnya menggantung tas bawaanmu di depan badan. Ini guna memberi perhatian lebih terhadap barang barang yang anda bawa ketika bepergian dengan transportasi publik.

5. Jika anda bingung dengan rute transportasi yang anda gunakan, bertanyalah pada orang yang tepat

Ini urgen untuk dilaksanakan para cewek. Jangan hingga orang beda menjadikan anda sasaran dari niat jahatnya. Misalnya, andai kamu sebagai pendatang baru di kota Jakarta pasti akan kendala menggunakan transportasi umum. Selain sebab tidak tahu jalan, anda mungkin pun bingung dengan rute kendaraan publik di kota Jakarta.

Untuk itu, bertanyalah langsung pada petugas stasiun atau halte guna informasi akurat berhubungan transportasi umum yang akan anda gunakan. Bekali pun dirimu mengenai transportasi yang bakal kamu pakai dengan pertolongan Internet, jadi anda gak akan keadaan bingung ketika bakal menumpanginya.

6. Jangan istirahat pulas ketika dalam perjalanan

Kelelahan bekerja memang dapat membuat kamu mudah pulas di dalam transportasi umum. Gak heran bila sebagian orang memilih guna tidur ketika berada di dalam kereta api ataupun transjakarta. Apalagi didukung oleh keadaan kendaraan yang nyaman dan sejuk, pasti akan tergoda bikin tidur.

Namun demikian, terdapat baiknya guna tidak memilih istirahat terlalu nyenyak di dalam kendaraan umum. Kadang saat sudah pulas, anda jadi lengah dan sulit memantau keadaan. Apalagi andai naik kendaraan umum di kota besar laksana Jakarta, ada tidak sedikit risiko kriminal yang dapat terjadi di dalam kendaraan umum. Biar perjalananmu baik-baik saja, lebih baik memilih guna tetap terjaga di dalam kendaraan umum.

7. Jangan gampang percaya orang yang baru dikenal

Sebagai insan biasa, kita pasti tidak dapat menebak bagaimana watak atau karakter orang yang baru anda kenal. Kadang terdapat orang yang tampilannya sangar, ternyata ialah orang baik. Sebaliknya, orang yang tampilannya bersahaja, rupanya seorang penipu.

Biar gak salah langkah, anda usahakan tidak langsung menjustifikasikan orang beda yang baru anda kenal ketika di perjalanan dengan transportasi umum. Pakailah perspektif luas, andai orang baru itu mengajakmu bicara, maka jawablah dengan sopan. Jika nantinya arah percakapan orang baru tersebut telah mulai ngawur dan bertanya macam-macam, anda sudah dapat jaga jarak, dan mintalah ia guna tidak bertanya lagi padamu dengan sopan.

Kalau hingga orang tersebut berkeras dan melawanmu, baru kamu dapat meminta orang beda di sekitarmu guna membantu. Intinya tetap waspada, tapi tidak boleh sampai anda langsung berprasangka buruk ya.

8. Berdoa sebelum berangkat

Ini yang sangat penting, doa menjadi unsur utama sebelum semua pekerjaan dilaksanakan, tergolong bepergian dengan transportasi umum. Biar perjalananmu fasih dan berlangsung baik, mintalah pada Tuhan supaya terhindar dari segala marabahaya. 

Demikian 8 urusan yang perlu anda lakukan supaya aman dalam menumpangi kendaraan umum. Mulailah dari diri sendiri, lindungi dirimu semaksimal mungkin. Setiap orang punya keharusan menjaga dirinya masing-masing. Jangan biarkan anda menjadi korban dari niat jahat orang beda ya.

No comments:

Post a Comment