Thursday, December 20, 2018

Beberapa Hal Bijak Yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Temanmu Sedang Bersedih

Perasaan sedih ialah suatu titik di mana seseorang merasa gak mampu lagi guna bangkit. Yang dialami hanya kekalutan teramat paling serta kekosongan serta kehampaan. Biasanya, mereka akan menggali "pelarian" agar gak merasa kecil hati lagi. Misalnya mencari ucapan-ucapan motivasi supaya dapat membangkitkan semangat. 

Tapi, terdapat kalanya kata-kata arif gagal menciptakan hati lega, kemudian semakin terasa menjemukan untuk didengar layaknya bualan saja. Nah, di samping kata-kata, ada sejumlah hal yang diperlukan oleh orang yang berduka supaya dapat meluapkan perasaannya.


1. Yakinkan bila dia gak sendirian karena anda selalu terdapat untuknya

Jika teman, sahabat, atau keluargamu sedang merasakan kesedihan yang teramat dalam, beberapa hatinya tentu merasa kosong dan hampa. Pada saat-saat seperti tersebut peran anda sangat urgen untuknya. 

Ditengah kepedihan hati yang dia rasakan, yakinkan bila dia gak sendirian. Sesulit apapun keadaannya, anda gak bakal meninggalkannya dan kalian akan melalui masalah ini bersama-sama. 

2. Duduk seraya menangis bareng akan menolong mengurangi beban hatinya

Tak perlu tidak sedikit kata-kata bijak. Cukup temani dia guna menangis bersama. Dia punya tidak sedikit beban yang terasa begitu sesak. Jika menangis ialah cara terbaik guna membuatnya menikmati kelegaan, biarkan ia menumpahkan air matanya. 

Menangis bersamanya ialah tanda bila kamu ikut menikmati kesakitan yang sama sampai-sampai dia gak bakal merasa sedirian. Ada anda yang ikut menikmati kepedihan dan kehilangan laksana yang ia rasakan.

3. Jika dia bercerita, dengarkan sampai berlalu supaya gak merasa dihakimi

Seseorang yang menikmati kesedihan mendalam perlu teman cerita. Posisikan dirimu sebagai pendengar yang bijaksana. Kamu gak perlu tidak sedikit berkomentar, lumayan dengarkan seluruh ceritanya tanpa mencukur pembicaraan. Menyela ketika ia berkata hanya membuat suasana tambah runyam. Karena dia perlu rasa aman ketika bercerita, bukan merasa dihakimi. 

4. Beri dia masa-masa sendirian agar bisa beranggapan jernih

Seseorang yang sedang kecil hati juga perlu waktu guna menyendiri. Dia perlu keheningan agar pikirannya bening kembali. Maka, biarkan Ia menemukan waktunya sendiri. Bukan berarti anda membiarkannya tambah sedih, namun dia perlu waktu guna menyelaraskan hati pun pikirannya supaya bisa motivasi lagi. Mengertilah, kadang dia memang tidak inginkan diganggu sama sekali.

5. Ketika semua ucapan-ucapan terasa hambar, suatu pelukan hangat bakal lebih menguatkan

Kalau hati sedang menikmati kesedihan dan kehilangan yang teramat sangat, seluruh kata-kata arif akan tersiar hambar serupa omong kosong. Gak terdapat satu kalimatpun yang dapat melegakan hati, justeru jadi gak berarti sama sekali. 

Jika ucapan-ucapan sudah tak lagi bermakna, suatu pelukan hangat dapat memberi kekuatan yang nyata. Seengaknya dia punya lokasi bersandar, yakni kamu! Dia dapat meletakkan seluruh bebannya di pundakmu dan kamu dapat meyakinkannya bila semua bakal baik-baik saja.

Di samping kata-kata, sejumlah hal tadi dapat lebih bermakna dilaksanakan untuk menghibur rekan yang bersedih. Dibandingkan ucapan-ucapan manis, tindakan nyata bakal jauh lebih bernilai. 

No comments:

Post a Comment