Sunday, November 18, 2018

Tips Baik Dan Bijak Saat Memberi Saran Kepada Oranglain

Pada umumnya, kritikan ialah kata yang tidak cukup enak didengar oleh tiap orang tergolong orang yang berkarakter sensitif kecuali ketika kritikan itu sifatnya membangun.

Dalam mengolah kritikan yang kesannya menjatuhkan menjadi membina emang bukanlah urusan yang mudah. Karenanya, anda perlu simaklah 5 tips ini supaya kamu terkesan arif saat mengkritik orang lain. Yuk, simak bersama guys.


1. Jika kritikanmu mencantol hal individu orang, tidak boleh ungkapkan kritikanmu di khalayak umum

Dalam suatu forum laksana rapat, diskusi, kajian ilmiah dan sebagainya, mengungkapkan kritik dan saran ialah hal yang wajar. Forum itu memang dibangun guna melengkapi kelemahan yang ada berhubungan kinerja, ilmu yang disajikan, dan sebagainya.

Namun, hindari mengkritik urusan yang sifatnya personal dalam forum atau di depan orang banyak. Hal semacam ini dapat mempermalukan orang yang dikritik maupun yang mengkritik. Untuk urusan yang pribadi, ucapkan kritikanmu secara individu pula.

2. Ucapkanlah dengan sopan supaya yang dikritik gak tersinggung

Jika maksudmu baik tapi paparan kritikmu tidak cukup baik, yang dikritik dapat merasa tersinggung dan defensif. Kamu mesti merangkai kata sebaik barangkali dan menyesuaikan dengan lingkungan di sekitarnya ketika mengkritik supaya yang dikritik tidak merasa tersinggung tapi malah merasa termotivasi.

3. Sebisa barangkali hal yang anda kritik pada orang lain pun tidak terjadi padamu

Action speaks louder than words, memang benar peribahasa tersebut. Bagaimanapun juga, orang lain bakal lebih menyaksikan tindakanmu daripada sebatas omonganmu saja. Termasuk pun saat mengkritik.

Biasanya bakal timbul pertanyaan di hati orang yang dikritik, "Apakah dia (si pengkritik) sudah mengerjakan apa yang dia kritik padaku?"

Dengan begitu, sebisa mungkin anda menjadi teladan yang baik terutama untuk orang yang telah anda kritik agar kritikanmu gak sia-sia. Pada dasarnya memang tiap orang mesti saling mengingatkan dan menasehati dalam kebaikan, namun apa jadinya andai kita tidak berjuang sama sekali supaya hal yang anda kritik sekiranya pun gak terjadi pada kita?

4. Katakan bahwa kamu pun usahakan dikritik dan dinasihati andai melakukan kesalahan

Di samping berupaya supaya kritikan yang anda lempar pada orang beda tidak terjadi padamu, anda sendiri pun harus tersingkap dengan masukan dari orang lain. Mintalah supaya kamu pun dikritik dan dinasihati andai mereka memandang anda melakukan suatu kekeliruan atau kekeliruan.

5. Berilah solusinya masing-masing setelah anda mengkritik orang lain

Nah, ini nih yang terpenting. Orang arif gak melulu sangat pandai dalam mengkritik orang lain, tetapi dia pun pandai dalam memberi penyelesaian atas kritikan yang diungkapkannya. Kritik dan solusi ialah 2 urusan yang tidak dapat dipisahkan dan dua-duanya harus sama-sama ada.

Jadi, teruslah belajar untuk membetulkan diri supaya kritikanmu terhadap orang lain dapat membangun serta memotivasi.

No comments:

Post a Comment