Monday, November 19, 2018

7 Tips Menaklukkan Dunia Kerja Bagi Kamu Si Introvert, Jangan Minder!

Dalam dunia kerja, urusan yang diperlukan di samping kualitas pekerjaan ialah kemampuan dalam bersosialisasi. Namun sayangnya tidak seluruh orang memiliki keterampilan bersosialisasi yang baik. Salah satu penyebab orang tidak pandai bersosialisasi disebabkan orang itu memiliki jati diri introvert. Sebagian besar orang dengan jati diri ini ingin tertutup dan susah membuka diri pada orang lain. Sikap laksana yang pada kesudahannya membuatnya susah bersosialisasi dan beradaptasi dengan lingkungan baru.

Memasuki dunia kerja, anda tentu bakal bertemu dengan lingkungan dan orang-orang baru. Untuk si introvert, melewati hal ini bukanlah urusan yang mudah. Kamu memerlukan kiat-kiat eksklusif untuk dapat menaklukkan dunia kerjamu yang baru. Nah berikut ialah 7 tips menaklukkan dunia kerja untuk para introvert!


1. Pahami kondisi di lingkungan barumu

Introvert memerlukan waktu yang ingin lebih lama dalam menginjak lingkungan baru. Untuk tersebut kamu dapat menyiasatinya dengan terlebih dahulu mempelajari situasi dunia kerja yang akan anda masuki. Kamu dapat memulainya dengan berangkat kerja lebih pagi sampai-sampai lebih siap dalam menghadapi hari barumu di lingkungan kerja.

2. Jadikan lokasi kerja sebagai kendala untuk terbit dari zona nyaman

Bagi mayoritas introvert, andai sudah sedang di zona nyaman maka ia akan kerasan berlama-lama disana tanpa berniat terbit ke zona yang baru. Nah di dunia kerja ini, dapat menjadi sebuah tantangan baru untuk introvert untuk terbit dari zona nyamannya sekitar ini. Karena di dalam lingkungan kerja, inginkan tidak inginkan seseorang mesti bisa mengenal lingkungan dan teman kerja untuk dapat menunjang kualitas pekerjaannya.

3. Tidak butuh minder sebab kepribadian introvertmu

Kepribadian ialah sesuatu yang tidak bisa diubah. Memiliki jati diri introvert bukan adalahsuatu kesalahan. Menjadi pendiam dan penyendiri bukanlah urusan yang salah selagi anda tidak merugikan orang lain. Jangan pernah mencocokkan dirimu sendiri dengan orang beda yang dapat lebih tersingkap dan memiliki tidak sedikit teman.

4. Memulai hubungan sosialisasi dengan orang-orang yang membuatmu nyaman

Seorang introvert seringkali sulit dekat dengan orang lain. Tetapi andai ada orang yang dapat membuat nyaman, maka ia akan berjuang untuk tidak jarang kali dekat dengan orang tersebut. Jika anda sudah mengejar orang ini di dunia kerja, maka kamu dapat menjadikannya sebagai 'jembatan' guna mulai bersosialisasi dengan rekan-rekan kerja yang lain.

5. Jangan fobia untuk meminta pendapat atau saran dari teman kerja

Menjadi pekerja baru pastinya membutuhkan tuntunan dari rekan-rekan kerja yang sudah lebih dahulu menggeluti bidang yang anda masuki. Jangan ragu guna meminta pendapat atau saran tentang pekerjaanmu untuk mereka. Jalinlah komunikasi yang baik, ucapkan dengan santun dan tidak jarang kali ucapkan 'terima kasih'. Kamu juga dapat menjadikan obrolan tentang pekerjaan ini sebagai awalan guna mulai bersosialisasi dengan rekan-rekan kerjamu. 

6. Tetaplah percaya diri sebab 'kekuatan' introvert juga diperlukan di lokasi kerja

Introvert ialah kepribadian yang di dalamnya memiliki tidak sedikit sisi mengagumkan. Sikap penyendiri dari introvert ialah kekuatan dimana sebetulnya dalam kesendirian tersebut ia memiliki tidak sedikit kemampuan yang produktif. Introvert seringkali tidak bisa beraksi dalam suasana spontan sampai-sampai ia terbiasa mengerjakan sesuatu dengan terjadwal. Introvert juga ingin telaten dan tenang sampai-sampai lebih konsentrasi dan mampu beranggapan lebih matang. Segala sifat yang dipunyai intovert ini sangat diperlukan di dalam dunia kerja.

7. Menjadi diri sendiri

Poin terakhir ialah yang sangat penting, yakni tetap menjadi diri sendiri. Kamu tidak perlu mengolah kepribadianmu untuk dapat memenuhi kriteria guna masuk ke dalam ruang lingkup rekan-rekan kerjamu yang baru. Jika anda pernah mendengar bahwa rekan-rekan di lingkungan kerja itu 'kejam', maka pengakuan tersebut tidak sepenuhnya salah. Karena tersebut jika anda telah mengerjakan yang terbaik tetapi tetap mendatangi hal yang tidak cukup menyenangkan di lokasi kerja, maka tidak perlu anda pedulikan. Cukup bagimu guna tetap bekerja sebaik barangkali dan buktikan bahwa anda memang pantas berada disana.

Nah itulah 7 tips yang dapat diterapkan untuk kamu semua introvert ketika mulai memasuki lingkungan kerja yang baru. Mulai sekarang tidak boleh takut mengawali hari barumu. Semoga sukses!

No comments:

Post a Comment